Cara Riset Keyword dengan Target International

Cara Riset Keyword Target International Berdasarkan Teknik SEO (Search Engine Optimization)

Untuk para pakar seo pasti sudah tau apa itu riset keyword. Dan cara riset keyword harus berdasarkan tema pada halaman website yang tepat dan relevan. Sederhana saja bagaimana kita akan menargetkan sebuah halaman website dengan kata kunci tertentu agar dapat dijangkau oleh pengunjung. Dan yang menghambat hal ini adalah sebuah ruang lingkup geografis, bahasa, dan budaya setiap negara yang berbeda-beda berubah setiap waktu. Teknologi canggih dengan revolusi tiap tahun dan didalamnya mempunyai makna informasi, komunikasi, sosialisasi, dan pengetahuan. Di kehidupan sehari-hari kita tak lepas dari segala informasi yang diakses melalui internet dengan menggunakan smartphone, tablet, pc, dan lainnya yang berhubungan dengan koneksi luar.

Cara Riset Keyword

Cara Riset Keyword

Internet menjadi pondasi utama para pengusaha atau jasa untuk mengambil kesempatan berbisnis. Cara riset keyword dalam target international dimulai dari pemahaman dan aspek yang target pasaran sesuai dengan hal dibawah ini :

Peluang bisnis secara Global

Kita menyadari bisnis di area lokal akan memiliki batas-batas tertentu. Perusahaan yang membangun sebuah merek dan terkenal di area lokal mereka kemungkinan bisa terjangkau oleh pasaran global. Bisnis dari berbagai sektor menyediakan layanan dan produk mereka hampir kepenjuru dunia. Akan tetapi website menjadi kunci utama dalam bisnis dan memperkuat peluang besar dalam skala internasional.

Bagaimana cara menjangkau konsumen internasional secara efektif?

Perusahaan yang ingin produk atau layanan jasanya di kenal oleh pasaran global maka mereka harus menargetkan secara online dengan teknik SEO Global. Ini akan membuka peluang pada skala internasional dan memperluas bisnis. Langkah pertama adalah menggunakan teknik SEO dan strategi konten untuk menentukan kata kunci yang benar & tepat.

Menerjemahkan Website ke dalam bahasa asing

Menerjemahkan halaman website ke dalam bahasa asing tampak sederhana, terutama mengingat gratis layanan terjemahan online seperti Google translate. Menerjemahkan kata kunci / keyword juga tampaknya cukup mudah dan cepat. Tapi menerjemahkan kata kunci / keyword atau bahkan seluruh halaman website itu adalah langkah yang salah. Tanpa dasar yang tepat dan riset setiap keyword target dapat menyebabkan penargetan kata kunci / keyword yang salah akan mengakibatkan kegagalan menjangkau konsumen internasional.

Riset kata kunci / Keyword secara Global (SEO)

Riset kata kunci atau keyword adalah paling peting. Menjangkau audiens internasional hanya akan efektif ketika melakukan riset kata kunci / keyword yang tepat pada saat pertama kali sebelum mamasuki penulisan konten dan menerjemahkannya. Kata kunci / keyword harus memenuhi syarat target yaitu memiliki pencarian dan relevan terhadap konten.

Sebelum melalukan riset keyword kita teliti dulu setiap aspek dibawah ini :

  • Bahasa – “Apa yang mereka sering bicarakan”

Ketika menerjemahkan kata kunci untuk bahasa asing, kita harus memahami bahasa yang tidak kita bicara target audience. Dan bagaimana kita menerjemahkan kata kunci dengan benar? Gaya bahasa yang paling digunakan secara online? Dan bagaimana bahasa berpendidikan melakukan online dibandingkan dengan bahasa jalanan? Banyak sekali terjemahan yang mengacaukan tata bahasa aslinya dan ini akan membuat rendah dalam pencarian. Ini tugas kita untuk menentukan bahasa yang benar dan kata-kata yang menggunakan target konsumen di dalam negeri mereka sendiri. Dan selalu periksa kembali apakah terjemahan itu sudah benar dan sesuai dengan bahasa negara tersebut.

  • Negara – “Lihat berada dimana audiens target”

Pastikan untuk memahami mana audiens Anda berada geografis: Negara kecil atau besar? Apa berada di ibukota? Di mana sebagian besar penduduk beraktivitas? Apa kondisi cuacanya? Dan akhirnya kita dapat menentukan produk atau layanan jasa yang paling relevan untuk audiens target Anda dalam suatu negara tertentu. Beberapa produk / jasa mungkin tidak relevan untuk lokasi tertentu. Sebagai contoh jangan mencoba untuk menjual es batu ke orang Eskimo! 😀

  • Budaya – “Memahami budaya audiens target”

Pastikan untuk memahami budaya, mentalitas, kostum dan norma-norma, Etiket dan kebiasaan audiens target Anda dalam segala hal. Budaya lokal akan menentukan perilaku pencarian dari target audiens dan ini penting ketika kita menentukan kata kunci.

  • Lainnya – “Trends dan up to date”

Banyak variabel lain yang dapat mempengaruhi perilaku sebuah pencarian seperti politik, struktur sosial, ekonomi, dalam negara target. Pada saat tertentu suatu negara mengalami perubahan dapak krisis atau semacamnya ini akan merubah volume pencarian. Beberapa produk / layanan jasa mungkin tidak relevan karena variabel disebutkan di atas atau lainnya mungkin bahkan ilegal. Jangan sampai asal dalam menerjemahkan karena perilaku pencarian dari negara tertentu akan mendapatkan pengunjung yang tidak relevan.

  • Lokalisasi vs Globalisasi

Melakukan Riset kata kunci / keywords secara global dari awal mungkin membutuhkan banyak waktu, tapi satu-satunya cara yang benar dan efisien untuk menjangkau audien global adalah melihat dimana bahasa yang sering dipakai secara global contoh bahasa inggris. Ini tidak hanya akan menjamin untuk menentukan kata kunci target yang benar tetapi juga memberikan pedoman untuk elemen lain dalam website, seperti desain, user interface, dan konten. Sebuah taktik bisnis harus memiliki keputusan yang disimpulkan dan diadaptasikan dari analisa di atas. Produk utama / layanan jasa mungkin relevan atau tidak relevan untuk audiens target khusus, Terdapat pada konten yang memiliki informasi yang spesifik, homepage mungkin harus disesuaikan, link menu navigasi juga harus diperbarui sesuai dengan kata kunci utama , dan lain-lain. Pentingnya optimasi pada website yang sesuai dengan perilaku pencarian dari target audiens agar mendapatkan pengalaman pengguna yang luar biasa, tidak peduli di mana pengunjung secara fisik terletak dan di mana dalam bahasa dia cari.

Tools SEO untuk riset keyword atau kata kunci di tahun 2017

Pasti anda sudah tidak awam dengan keyword planner merupakan tools riset keyword google paling akurat. Hampir 90% pakar seo merecomendasikan tools ini untuk pencarian kata kunci. tetapi google telah membatasi tools untuk pencarian kata kunci (keyword planner) untuk kita gunakan riset secara luas. Sejak september 2016, google membatasi riset keyword bagi pengguna non pengiklan dan hanya bisa digunakan secara spesifik dan rinci dengan membelanjakan adwords secara berkala. Jika anda tidak menggunakan adwordsuntuk beriklan, tools (keyword planner) akan tampil seperti dibawah ini dengan volume pencarian range:

 

Cara riset Keyword google planner

Cara riset Keyword google planner

 

tampilan data keyword planner google

Kira-kira tampilannya seperti itu jika pengguna adwords non-pengiklan.

Kami berikan alternatif tools lainnya yang bisa anda gunakan untuk riset keyword. Ada banyak tools gratis dan berbayar (ini bisa dimanipulasi). Setiap tools memiliki cara riset keyword yang berbeda-beda dengan fungsi dan kemampuannya. Tidak banyak basa-basi kami berikan 18 alternatif tools riset kata kunci / keyword yang anda perlukan:

  1. Google Trends – https://www.google.com/trends (Google Autosuggestion in search box)
  2. Majesticseo – https://majestic.com/reports/keyword-checker
  3. Ahrefs – https://ahrefs.com/keywords-explorer/
  4. MOZ – http://moz.com/tools/keyword-difficulty
  5. RankTank (Excel) – https://www.ranktank.org
  6. Tiny Suggest – https://www.tinysuggest.com
  7. Keyword pro – http://keywordpro.net
  8. KWfinder – https://kwfinder.com
  9. InstaKeywords – http://www.instakeywords.com
  10. RankBrain – https://rankbrain.me
  11. Wordtracker – https://freekeywords.wordtracker.com
  12. Ubersuggest – http://ubersuggest.org
  13. SEO Book – http://tools.seobook.com/keyword-list/generator.php
  14. WordStream – http://www.wordstream.com/keywords
  15. Keywordtool-io – http://keywordtool.io
  16. SEMRush – http://www.semrush.com
  17. Raven Tools – https://raventools.com/seo-tools
  18. KeywordSpy – http://www.keywordspy.com

Baca juga : 6 Tips Pemasaran Online Paling Berhasil dan Efektif

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *