Cara Membuat Website dengan WordPress untuk Pemula

Cara Membuat Website dengan Wordpress untuk Pemula
Cara Membuat Website dengan WordPress untuk Pemula

Cara Membuat Website dengan WordPress untuk Pemula

Dengan semakin berkembangnya teknologi, banyak orang beramai-ramai membuat website sendiri dengan tujuan yang berbeda-beda. Ada yang bertujuan untuk berjualan, sebagai sarana mempromosikan sebuah brand, atau sekedar berbagi cerita dan pengalaman.

Pada dasarnya membuat website dapat dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya dengan menggunakan wordpress. Sebelum mengetahui cara membuat website dengan wordpress ada baiknya untuk mengenal terlebih dahulu seputar wordpress. WordPress adalah salah satu content management system website yang paling populer dan banyak digunakan saat ini di seluruh dunia. WordPress banyak digunakan untuk membuat website karena dinilai mudah dalam proses penggunaannya.

Bagaimana Cara Membuat Website dengan WordPress untuk Pemula?

Setelah mengenal wordpress, berikut ini adalah cara membuat website dengan wordpress bagi pemula. Cara ini merupakan langkah paling awal dalam penggunaan wordpress.

Menentukan Konten Website

Jika anda ingin website mudah ditemukan oleh mesin pencari maka langkah awal adalah menentukan isi konten terlebih dahulu. Pilihlah konten sesuai dengan apa yang anda ketahui karena akan memudahkan untuk menulis kalimat dalam satu halaman. Konten disini buatlah secara relevan setiap postingan anda dalam satu website. Jangan lupa konten itu terdiri dari judul, isi konten terdapat artikel, gambar, dan video (opsi tidak wajib) karena akan mencerminkan website anda bagus atau tidaknya.

Pemilihan Nama Website (Domain)

Cara membuat website dengan wordpress yang paling utama adalah pemilihan nama website. Langkah yang perlu dilakukan adalah dengan masuk ke halaman wordpress dan memilih nama pada kolom yang telah disediakan. Pemilihan nama website ini sangatlah penting karena pastikan nama yang akan dipilih belum pernah digunakan oleh orang lain. Ini dikarenakan nama website hanya bisa digunakan oleh satu pengguna saja.

Baca juga : 6 Tips Pemasaran Online Paling Berhasil dan Efektif

Mengisi Form

Cara membuat website dengan wordpress setelah memilih dan menentukan nama website adalah dengan melakukan pengisian form. Form yang disediakan ini sebaiknya diisi dengan menggunakan informasi yang sebenar-benarnya. Kolom yang akan tampak atau muncul antara lain alamat email, nama pengguna, kata sandi, dan alamat blog. Informasi seperti email, nama pengguna (username), dan kata sandi (password) ini nantinya akan selalu digunakan saat akan masuk ke halaman panel kontrol wordpress.

Kategori WordPress

Setelah selesai mengisi form informasi data diri, akan tampak di layar penawaran dari wordpress mengenai kategori wordpress apa yang akan dipilih. Ini merupakan salah satu cara membuat website dengan wordpress yang penting karena di sinilah kita akan menentukan apakah website yang kita akan buat akan menggunakan alamat situs sendiri atau tetap menggunakan .wordpress.com di akhir situs. Tersedia 3 (tiga) pilihan kategori yaitu wordpress pemula, premium, dan business. Yang membedakan kategori ini adalah fitur yang diberikan seperti tampilan website, nama website, iklan, design, dan masih banyak lagi.

Setting  SEO

Yang belum mengerti seo saya akan jelaskan disini. SEO merupakan optimasi sebuah website agar visibiltasnya terlihat oleh mesin pencari secara maximal dalam artian seorang yang ingin mencari informasi akan dapat mengunjungi website anda dengan mudah. Seo terbagi menjadi 2 bagian  yaitu On page Dan Off page. Sedikit saya tekankan untuk optimasi seo itu 80% terdapat pada On page dan 20% pada Off page. Jika anda menggunakan wordpress premium maka ada menu plugins, disana terdapat plugin seo yang memudahkan anda mensetting seo tanpa kesulitan. Beberapa plugin tersebut adalah Yoast SEO & All in One SEO Pack dan kami menyarankan untuk menggunakan yoast seo.  Kemudian daftarkan ke webmaster tools karena ini robot google akan mudah untuk membaca isi website anda secara menyeluruh dimana aturan yang anda inginkan apakah halaman tersebut di index atau tidak.

Baca juga : Cara Riset Keyword dengan Target International

Terakhir adalah menunggu masukan konten artikel kedalam website anda dan diusahakan jangan copypaste karena akan menyalahi aturan mesin pencari google. Publish konten anda tunggu selama 1-3 hari akan terindex google. Bagaimana konten kita sudah terindex google? silahkan ketik pada mesin pencari google seperti ini “site:https://webdesign-jakarta.com/cara-membuat-website-dengan-wordpress/” jika tidak muncul maka belum terindex dan silahkan tunggu. Beberapa cara membuat website dengan wordpress untuk pemula semoga anda dapat mempraktekan teori ini dengan mudah. Jika anda ingin membuat website secara profesional seperti website perusahaan besar dapat menghubungi kami di link ini (jasa web design jakarta).

Share this post

Comments (2)

  • Jagowebdesign Reply

    pastinya sangat membantu gan artikelnya 🙂

    June 22, 2017 at 11:51 am
    • Hasan Reply

      Makasih gan udah komentar. 😀 gw ubah dikit biar branding tuh website

      July 6, 2017 at 9:43 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *