4 Cara Setting Permalink WordPress Optimal SEO-Friendly

Cara Setting Permalink Wordpress

Apakah Anda salah satu pengguna wordpress premium? perhatikan hal ini agar SEO website / blog anda lebih bagus untuk visibilitas pencarian dengan menggunakan URL SEO-Friendly. Cara setting permalink wordpress agar SEO-friendly sangat mudah dan pencarian organik untuk halaman konten yang anda buat mudah dijangkau. Banyak pakar SEO membuat url ini dengan menambahkan long tail keyword dalam pencarian rendah.

Untuk lebih jelasnya perhatikan 4 hal dibawah ini cara setting permalink wordpress agar seo friendly:

1. Setting Permalink WordPress anda

Google memiliki algoritma yang dimana dapat membaca konten di halaman website anda saat pengguna internet ingin mencari dengan kata kunci relevan dengan topik anda. Jika url atau permalink anda menggunakan kata kunci tersebut maka pengguna internet akan mudah mengunjungi website anda.

Contohnya, Saat ini saya membahas tentang cara meningkatkan visibilitas dengan url seo-friendly wordpress, perhatikan baik-baik dibawah ini :

Url SEO

https://webdesign-jakarta.com/url-seo-friendly-wordpress

Default:

https://webdesign-jakarta.com/?p=776

Kedua url diatas membedakan dimana kualitas seo terhadap website anda. Saat url yang anda buat mengandung kata kunci maka orang akan mudah menemui konten anda tersebut ketimbang mengabaikan hal tersebut. Dalam kasus ini google melihat website anda sangat user-friendly karena topik konten anda persis dengan pencarian yang orang cari tersebut. Google akan otomatis memberikan tambahan pengalaman terhadap website anda karena lebih mudah dikenali dan pencarian semakin mudah orang untuk menjangkau nya.

Bagaimana cara merubah permalink agar lebih SEO? Login wordpress >> settings >> permalinks

 

Penjelasan

  • Plain: Jelek untuk SEO.  Karena url tersebut tidak memberikan informasi yang jelas terhadap konten anda.
  • Day and name : Kurang tepat untuk SEO. Walaupun terdapat tanggal postingan, url akan terlalu panjang jika di isi dengan kata kunci
  • Mounth and name : Seperti halnya day and name, akan membuat SEO tidak optimal.
  • Numeric: Bukan pilihan yang bagus untuk SEO. Tidak ada URL yang menggambarkan halaman / konten Anda.
  • Post name : Url paling cocok untuk SEO-friendly karena tidak terlalu panjang dan banyak pengguna wordpress yang tahu seo menggunakan ini.
  • Custom strucutre : Di sini Anda dapat menggunakan tag khusus WordPress untuk menyesuaikan URL. Jika Anda memiliki situs web besar dengan beberapa kategori yang penting bagi pembaca Anda, gunakan tag seperti /% category% /% postname% / untuk menambahkan kategori ke URL mungkin dapat merapikan struktur website anda. Anda dapat menggunakan ini untuk memberi Google lebih banyak informasi tentang konten Anda, namun terserah Anda seberapa terperinci Anda ingin mendapatkannya. Untuk ukuran SEO lebih tepat untuk tidak lebih dari 5 kata pada url.

Catatan untuk website yang sudah terlanjur terindex

Jika anda ingin mengubah struktur permalink lama ke permalink baru, Jangan lakukan itu! Anda akan kehilangan semua jumlah pengunjung Anda. Konten yang sudah banyak pengunjung dari mesin pencari akan hilang saat mengubah struktur URL, sama saja dengan menyetel ulang menjadi 0. Selain itu, peringkat pencarian konten anda akan menurun atau bahkan hilang. Kecuali jika konten anda tersebut tidak banyak memiliki pengunjung maka lebih baik rubahlah Url tersebut agar lebih SEO.

2. Rubah URL konten anda agar lebih SEO

Berikut adalah beberapa hal yang harus dilakukan dan tidak perlu dilakukan saat menulis dan menulis ulang URL di WordPress:

  • Periksa Ulr! Hapus kata-kata yang tidak relevan dan fokus pada kata kunci target Anda. Buang kata-kata penghubung contoh (di,ke,dan,untuk,dll). Contoh kata kuncinya digital marketing agency jakarta URL seperti https://webdesign-jakarta.com/digital-marketing-agency-jakarta  lebih baik daripada https://webdesign-jakarta.com/digital-marketing-agency-di-jakarta.
  • URL singkat. Panjang URL akan susah untuk menaikan peringkat konten anda. Kuncinya adalah menggunakan kata kunci (keyword) paling fokus tempatkan pada URL dan hindari kata-kata yang tidak perlu.
  • Lakukan 2 hal diatas secara keseluruhan pada website/blog anda. Gunakan tanda hubung ( – ) untuk memisahkan kata-kata dan hindari penggunaan garis bawah (_).

3. Menerapkan Sertifikat SSL

Pastikan bahwa situs website Anda sepenuhnya dienkripsi dengan sertifikat SSL karena sangat penting terhadap kemajuan website anda. HTTPS sekarang merupakan sinyal rangking minor dalam algoritme Google. Selanjutnya, Google memerlukan HTTPS untuk mengamankan data pada browser pencarian. Untuk kedua alasan ini, mengaktifkan HTTPS di situs WordPress Anda dapat membantu Anda mendapatkan peringkat yang lebih baik dan meningkatkan pengalaman pengguna. Biasanya pengguna wordpress premiun akan disediakan Let’s Encrypt pada hosting masing-masing karena layanan ini gratis. tidak ada alasan untuk tidak melakukan transisi untuk membantu situs Anda memperkuat URL di mata GOOGLE.

Transisi dari http://webdesign-jakarta.com/ ke https://webdesign-jakarta.com/ akan muncul pada semua konten dan halaman anda. Dalam hal ini posisi yang jauh lebih baik untuk mendapatkan peringkat yang bagus di mesin pencari.

Perlu di ingat !

Jika website / blog anda masih dalam http dan sudah dioptimasi SEO kemungkinan besar akan menurun jika anda mengubah ke https. Sangat penting jika anda memiliki website baru segara terapkan sertifikat SSL sejak awal.

4. Gunakan Plugin SEO

Plugin SEO paling banyak digunakan para wordpress adalah plugin Yoast SEO. Dia memiliki fitur SEO konten yang lumayan lengkap dan plugin sering update secara berkala. Di dalam fiturnya kita dapat memastikan apakah struktur url kita buat sudah benar atau belum optimal. Kita dapat merubahnya secara manual sesuai dengan kata kunci fokus yang kita inginkan.

Tambahan

Dalam dunia seo tidak ada cara mudah menaikan peringkat konten pada website karena banyak faktor seo . Cara setting permalink wordpress yang sudah dianggap seo-friendly pun belum tentu menjadikan konten anda teratas. Tergantung jenis niche / konten / industri / tema website anda buat, kompetitor,  serta penilaian pengunjung terhadap website. Cara setting permalink wordpress pun dapat diterapkan pada website custom karena setting url seperti ini akan menguntungkan website tersebut. Kebanyakan website custom (yang ingin mendatangkan banyak pengunjung) hanya menampilkan struktur yang rapi dan desain yang apik akan tetapi tidak SEO friendly jadi percuma saja buat apa website dibuat.

Sumber

Share this post

Comment (1)

  • blazerpria Reply

    Artikel sangat membantu

    September 27, 2017 at 12:00 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *