5 Ciri Desain Website yang User Friendly

Desain website responsif

Desain Website User Friendly

Desain Website

webdesign-jakarta.com -Desain website sangat penting untuk sebuah website. Dalam membangun dan merencanakan sebuah website, Anda perlu untuk belajar tentang desain website. Desain website ini berguna untuk membuat tampilan website menjadi user friendly dan menarik untuk pengunjung. Kadang banyak pengunjung yang merasa tidak nyaman ketika mengunjungi website yang tidak user friendly. Selain itu pengunjung juga dipusingkan dengan navigasi website yang buruk. Oleh sebab itu agar pengunjung betah berlama-lama berada di dalam website Anda, penting bagi Anda untuk tahu apa itu ilmu desain website yang user friendly. Berikut ini adalah beberapa poin penting dalam membuat desain website yang user friendly :

Navigasi yang Mudah Dipahami

Hal pertama yang bisa Anda lakukan untuk membuat desain website yang user friendly adalah Anda harus membuat navigasi yang mudah dipahami. Kadang pengunjung yang berkunjung ke sebuah website sering bingung dia berada di halaman website yang mana. Navigasi pada website berguna untuk memberikan informasi kepada pengunjung bahwa pengunjung sedang berada di halaman website mana. Navigasi tersebut juga akan membuat pengunjung mudah untuk menuju dari satu halaman website ke halaman website yang lainnya. Teknik navigasi ini juga sangat berguna bagi owner website yang ingin mengoptimasi websitenya dengan SEO. Teknik navigasi yang baik juga akan meningkatkan UV (user view) dari website itu sendiri dan tidak terkesan monoton.

Desain Website

Desain Website

Waktu Loading

Dalam desain website user friendly juga akan membahas tentang waktu loading untuk situs website. Tentunya pengunjung tidak mau membuang-buang kuota internet nya untuk menunggu website yang loadingnya lama. Saat pengunjung menuju website Anda, loading website yang lama akan membuat pengunjung untuk langsung menekan close atau tanda x di halaman website Anda. Anda harus memikirkan poin ini secara masak-masak. Jangan membuat website Anda terlalu berat untuk dibuka. Biasanya website dengan loading lama terlau banyak konten dengan ukuran besar misalnya saja video, foto, flash dan masih banyak lainnya. Oleh sebab itu buatlah website Anda ringan dan singkat namun tetap informatif dan menarik. Selain faktor tersebut, penggunaan plugin yang berlebih pada CMS juga akan membuat kinerja website menjadi lemot. Untuk mengantisipasinya, gunakan CSS yang ringan, hindari pemakaian widget dan plugin yang useless serta jika memungkinkan, gunakan CMS yang telah mengadaptasi framework CSS seperti bootstrap, laravel dan sebagainya agar website responsif dan memiliki waktu loading yang sedikit.

Mudah Dipahami

Pengunjung website harus mampu mengerti isi dari konten website Anda. Cara membuat website Anda mudah dipahami adalah Anda bisa menggunakan tipografi. Untuk website yang berisi konten berita atau berbagai macam informasi, Anda harus bisa memilih font atau huruf dengan benar, mampu mengombinasikan warna dan jarak huruf di halaman website. Jika Anda tidak menerapkan tipografi pada desain website Anda, web design Anda akan terlihat berantakan dan kurang bersih. Selain itu, penerapan sistematika konten di dalam sebuah website juga harus memenuhi kaidah SEO yakni adanya format Heading yang benar¸ format paragraf dan alt image yang sesuai dengan isi gambar / videonya.

Social Button

Social button merupakan unsur design website SEO friendly selanjutnya. Social button pada sebuah website tak hanya akan menguntungkan pihak owner websitenya, karena selain isi konten akan dapat dibagikan oleh setiap visitor yang berkunjung, user juga akan merasa nyaman melakukan action di dalam sebuah website seperti login menggunakan sosmed pada sebuah website, berkomentar dengan plugin yang terotomatisasi dengan facebook atau twitter misalnya. Penggunaan social button ini nantinya juga akan berdampak pada posisi website Anda di Serach Engine.

Mudah Digunakan

Cara membuat desain web yang user friendly lainnya adalah membuat website itu mudah digunakan di beberapa browser, bisa digunakan di beberapa perangkat dan memiliki ukuran layar yang sesuai. Ukuran layar yang terlalu lebar atau terlalu kecil bisa membuat pengunjung merasa tidak nyaman berada di website Anda.

Jumlah pengunjung di website yang user friendly lebih banyak dibandingkan dengan website yang tidak user friendly. Oleh sebab itu bagi Anda yang merencanakan untuk membangun website, sebaiknya Anda menerapkan desain website yang user friendly pada website Anda. Jika anda tidak tau cara mendesain web secara user friendly, bisa gunakan jasa pembuatan website profesional dan kunjungi website kami di www.webarq.com.