Biaya Membuat Website Yang Perlu Anda Ketahui

Biaya Membuat Website
Biaya Membuat Website

Biaya Membuat Website

Saat Anda memutuskan untuk membuat sebuah website atau situs web, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Salah satu hal paling penting yang perlu diketahui adalah masalah biaya. Biaya membuat website bervariasi tergantung dari fitur apa saja yang diperlukan dan diinginkan. Biaya membuat website bisa didapat mulai dari Rp 0 hingga ratusan juta rupiah tergantung pembuatnya. Berikut beberapa rincian biaya membuat website yang perlu Anda ketahui.

Biaya Registrasi Domain

Untuk membuat website diperlukan domain yang memiliki kisaran harga mulai dari Rp 100 ribu hinga Rp 500 ribu yang rutin dikeluarkan setiap tahunnya. Ada beberapa penyedia domain ternama seperti godaddy, idwebhost, namecheap, dan lain-lain. Bisa pilih lokal maupun luar negeri sesuai dengan buget yang anda punya.

Biaya Hosting

Selain domain, biaya membuat website lainnya adalah biaya hosting. Hosting diperlukan agar website atau situs web yang Anda buat tetap selalu online dan dapat diakses kapan saja dan di mana saja. Hosting memiliki kapasitas yang bervariasi tergantung dari konten yang akan ditampilkan. Harga hosting juga tergantung dari fitur server yang ada. Sebagai contoh, apabila Anda memerlukan hosting dengan kapasitas 500MB untuk website atau situs web dan 500MB untuk email, maka Anda memerlukan hosting sebesar 1GB. Estimasi biaya hosting ini diperkirakan Rp 75 ribu hingga Rp 150 ribu.

Baca : Cara Membuat Website dengan WordPress untuk Pemula

Biaya Themes / Template

Bagi anda yang tidak bisa mendesain website bisa menggunakan themes / template biasa digunakan untuk platform seperti wordpress & blogspot. Harga nya sekitar 300 ribu sampai 800 ribu tergantung konsep dan model desainnya. Semakin rumit desain & kerumitan harga juga semakin mahal. Jika website semakin menarik untuk dilihat semakin berlama-lama pengunjung menikmati konten yang telah anda sediakan. Ini akan berpengaruh terhadap website anda sendiri karena tolak ukur baik tidaknya website.

Biaya Operasional Website

Sebuah website tentu saja memerlukan perawatan dan pemeliharaan. Inilah yang disebut sebagai biaya operasional website. Website yang memerlukan perawatan dan pemeliharaan adalah website yang bersifat dinamis. Pemeliharaan sebuah website atau situs web sangatlah dibutuhkan. Kegiatan pemeliharaan ini meliputi back up data, memperbarui konten, update core engine, plugin, dan lain-lain. Tak hanya itu saja. Sebuah website atau situs web juga memerlukan modifikasi dari sisi desain dan juga fitur tambahan sehingga tampilan website akan semakin menarik. Rata-rata biaya operasional website 500 ribu sampai 1 juta sekali dalam maintenance termasuk jika terjadi eror akibat serangan virus, hacker, maupun memasukan kesalahan koding website.

Biaya Pembuatan Konten Website

Konten website ini terbilang opsional. Hal ini dikarenakan konten website yang diperlukan bisa saja Anda buat sendiri sehingga Anda tidak perlu mempekerjakan orang untuk membuat konten website ini. Namun, apabila Anda merasa kurang bisa menghasilkan konten yang bagus untuk website yang Anda buat, ada baiknya untuk meminta bantuan content writer untuk merancang teks yang sesuai. Pembuatan konten dibandrol 50.000 sampai 100.000 per konten termasuk gambar dan video (sudah disediakan oleh pemilik).

Jadi Berapa Biaya Membuat Website Sebenarnya?

Kesimpulannya jika anda ingin tahu berapa saja yang dikeluarkan untuk membuat website tergantung model design, tempat pembelian domain & hosting, jasa (konten, themes, dan lain-lain). Saran dari penulis untuk pemula bisa mengambil harga yang termurah di setiap step diatas jika sudah mulai mendapatkan hasil atau ingin lebih terlihat profesional siapkan dana lebih untuk seluruh biaya perombakan / renovasi website.

Baca : 5 Ciri Desain Website yang User Friendly

Share this post

Comment (1)

  • jasa web Reply

    sangat membantu sekali artikelnya 🙂

    July 11, 2017 at 5:49 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *